Sunday 20 December 2015

Mengais keuntungan passive income dan gain saham dari investasi properti DIRE




Seputar uang
REIT atau real estate investment trust atau dalam Bahasa Indonesia disebut DIRE singkatan dari Dana Investasi Real Estate  merupakan investasi dengan memanfaatkan properti sebagai aset dasarnya. DIRE ini bisa menjadi alternatif investasi yang memberikan pendapatan berulang secara berkala aset dasar yang digunakan misalnya mall, rumah sakit, hotel atau properti komersial lain. properti ini bisa disewakan atau dikelola oleh manajemen dan hasil keuntungannya dibagikan kepada pemegang unit DIRE.

berdasarkan aturan minimum 90% hasil keuntungan harus dibagikan sedangkan sisanya bisa diinvestasikan kembali. keunikan produk ini adalah investor bisa mendapatkan hasil layaknya memiliki properti besar dengan investasi lebih kecil

bayangkan jika seorang investor ingin membangun sebuah mall tentunya menghabiskan dana milyaran. dengan DIRE investor cukup menyertakan modal minimum. jadi dengan kata lain untuk membangun sebuah mall investor patungan dengan investor lain lalu hasilnya dibagi secara proporsional.

Tidak seperti reksadana biasa 
berbeda dengan reksadana lain yang aset dasarnya produk keuangan seperti saham, obligasi, deposito, nilai DIRE justru cenderung naik karena aset properti mengalami kenaikan harga. bahkan bila dirasa keuntungan telah tercapai properti tadi bisa dijual lalu beli properti kembali. Misalnya anggaplah seorang investor ingin membangun mall dengan investasi Rp 500 miliar. Setelah itu dia sewakan, balik modal investasinya sekitar 8-10 tahun. Tapi dengan DIRE  investor tidak perlu menunggu selama itu, mungkin tahun kedua investor sudah bisa jual, selama sudah ada penyewanya. bisa jual sebagian, katakanlah 70%, 60%  atau 50%. Uangnya yang didapatkan bisa diinvestasikan lagi untuk membuat mal ke dua. Jadi di tahun ke empat investor bisa jual lagi, uangnya  bisa pakai untuk bangun mal lagi. Kalau tadinya bikin mall ke dua itu bisa 9-10 tahun, dengan DIRE investor bisa membangun lima mall. perbedaan yang kedua adalah NAB DIRE dinilai oleh apraisal independen. pada saat pertama diterbitkan nilainya 100, seiring berjalannya waktu nilai ini bisa naik atau turun. yang ketiga, Ada dua jenis DIRE yakni terbuka dan tertutup. DIRE tertutup memiliki skema seperti reksadana biasa yang menghimpun dana masyarakat. DIRE terbuka merupakan efek yang dicatatkan di bursa dengan skema perdagangan seperti saham. bila investor membutuhkan uang maka dia harus menjualnya ke bursa mengikuti harga pasar DIRE tersebut. berbeda dengan reksadana biasa, dimana investor bisa menjualnya kepada manajer investasi.

Diversifikasi portofolio

DIRE dikelola oleh manajer investasi. portofolio produk DIRE bisa beragam tergantung bagaimana manajer investasi mengelolanya. bisa saja dalam satu produk DIRE manajer investasi membeli mall, hotel, rumah sakit sekaligus. jadi hanya dengan membeli satu produk DIRE investor mendapatkan hasil investasi dari berbagai aset.  Manajer investasi tidak bekerja sendirian, biasanya mereka menggandeng perusahaan manager properti dalam pengelolaan teknisnya.  Selain itu ada pihak penjamin atau wali amanat (trustee) sama seperti reksadana  biasa dimana wali amanat ini bertindak sebagai pengawas reksadana dan mewakili kepentingan investor secara kolektif.  Jadi sebelum dibagikan kepada investor hasil investasi akan dipotong  untuk biaya ketiga pihak ini, yaitu manager properti, manager investasi dan wali amanat.  Biaya ini dipotong setiap tahun bersamaan dengan pembagian hasil investasi. 

Produk investasi menarik ini Sayangnya baru ada satu di Indonesia  yaitu DIRE ciptadana properti ritel Indonesia dengan aset dasar sebuah mall di kota solo. Pasar properti berkembang pesat di Indonesia seharusnya produk ini akan sangat diminati masyarakat. Di perdagangan bursa pun produk DIRE ini banyak dicari tapi jarang ada yang mau menjualnya.  Otomatis transaksinya pun sepi. Hal ini memberikan kesan produk ini kurang diminati padahal jika mau dikembangkan banyak perusahaan properti dan manajer investasi yang bersedia meracik produk DIRE. Kembali

No comments:

Post a Comment